Headline Humaniora Lainnya

Bagi Warga Ernosa, Pemilu adalah Kegembiraan dan Rasa Syukur



single-image
KPPS Ernosa Srengsengsawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan

INDOWORK.ID, JAKARTA: Bagi warga RT 001 RW 02, yang populer sebagai Ernosa, Kelurahan Srengsengsawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pesta demokrasi Pemilu 2024 adalah kegembiraan dan rasa syukur. Sejak pukul 07,00 WIB, warga mulai berdatangan.

H. Ali Munawar, 68, datang paling awal. Menyusul kemudian keluarga saya yang berjumlah 5 orang. Istri, anak dan menantu langsung antre menunggu panggilan. Ketua RT 001 Widodo Suradi, sekaligus Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memulai acara dengan membacakan sumpah petugas. KPPS adalah kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara untuk melaksanakan pemungutan suara di tempat pemungutan suara.

Sebelum pencoblosan, banyak warga yang berswafoto. Begitu pun KPPS sempat diabadikan dengan foto dan vide. Sambil ketua dan anggota KPPS berpose saya memberikan pantun:

Inilah TPS dua belas

Untuk warga Ernosa

Kami bekerja dengan ikhlas

Untuk bangsa Indonesia

HUJAN RINTIK-RINTIK

Hasto Surasmo, Herry, dan Denis Priyo Sasongko

Mereka pun bersorak kegirangan meskipun hujan rintik-rintik masih menyelimuti wilayah tempat tinggal warga yang masih bekerabat itu.

Meskipun datang bukan yang pertama, tapi saya mendapat kehormatan untuk mencoblos pertama. Peristiwa bersejarah ini diabadikan oleh Rizki, anggota KPPS 12.

Proses pemungutan suara berjalan lancar meskipun banyak warga yang datang dari tempat lain mengingat mereka sudah pindah tetapi masih ber-KTP di wilayah ini.

ANIES-MUHAIMIN MENANG

Widodo dan nggota TPS 12

Setelah pemungutan beres, panitia mengingatkan warga agar datang kembali ke TPS untuk menyaksikan perhitungan. “Tinggal 75 suara lagi, ayo merapat,” kata¬†Denis Priyo Sasongko, anggota KPPS TPS 12 lainnnya.

Denis mengungkapkan bahwa hasil pemungutan suara di tempatnya mengabdi, dimenangkan oleh pasangan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar dengan jumlah suara 152 disusul oleh Prabowo-Gibran Rakabuming Raka 89. Sedangkan Ganjar Pranowo-Mahmud MD hanya 29 suara.

WARGA GIRANG

Warga Ernosa girang menyaksikan penghitungan dan setelah beres, mereka pun ke Masjid Al Ikhwan, untuk menunaikan shalat ashar berjemaah.

Bukan haya warga Ernosa, warga lain pun penasaran ingin mengetahui hasil pemilihan di Kampung Sawah. Meskipun belum direkap semua, sebagian besar TPS memenangkan pasangan Anies-Muhaimin.

Menjelang sore, setelah panitia mempersilakan warga kembali ke rumah masing-masing, pantun kembali saya suguhkan.

Gambang kromong dari Bekasi

Haji Sabeni lagi ngawinin

Nomong-ngomong saya permisi

Saya punya bini lagi nungguin.

Ditulis oleh Lahyanto Nadie, wartawan senior.

 

 

 

 

 

Berita Lainnya