Bisnis Figur Headline

Tak Hanya Sektor Energi, Arsjad Melebarkan Sayap ke Bisnis Media dan Asuransi



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Arsjad Rasjid dikenal sebagai Direktur Utama PT Indika Energy Tbk. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional.

Prestasinya di Indika Energy telah membuat perusahaan tersebut berhasil meraih laba bersih setelah pajak sebesar US$335 juta pada 2017. Arsjad tak hanya berbisnis di sektor energi, ia melebarkan sayap bisnisnya di sektor non-energi.

Di luar sektor energi, Arsjad pernah menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris di PT Net Mediatama Televisi (NET.) – salah satu unit usaha Indika di bidang media. Kemudian ia juga menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris di PT Asuransi Cakrawala Proteksi.

MASYARAKAT EKONOMI SYARIAH

Arsjad tercatat pernah menjadi penasihat hingga komisaris di berbagai perusahaan ternama seperti Alpha JWC Ventures hingga Grab Teknologi Indonesia. Pada Januari lalu, Arsjad ditunjuk sebagai Ketua Dewan Penyantun di Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Pada periode 2016-2020, Arsjad pernah dipercaya menjadi Staf Ahli Kapolri untuk Bidang Ekonomi.

Di tengah kompetisi memperebutkan posisi Ketua Umum Kadin, Arsjad hingga kini masih aktif menjabat Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, yang fokus untuk mengakselerasi kewirausahaan nasional yang inklusif dan terarah, termasuk mengembangkan wirausaha sosial dan pemula.

Peraih Young Global Leader 2011 dari World Economic Forum (WEF) dan Best Executive di Indonesia pada 2010 dari Asiamoney ini juga aktif di kegiatan sosial. Arsjad juga aktif sebagai Ketua Pembina Indika Foundation (Yayasan Indika Untuk Indonesia), Ketua Dewan Pengawas Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB), Dewan Penasehat Indorelawan, juga secara aktif mendukung berbagai inisiatif berdampak sosial, kewirausahaan sosial (social enterprise), dan filantropi.

Indika banyak membantu kegiatan filantropi bekerja sama dengan berbagai lembaga pelayanan sosial dan swadaya masyarakat. Indika Foundation membantu dan mendukung berbagai kegiatan pendidikan, pemberdayaan dan nilai-nilai toleransi kepada para anak muda yang ada di Indonesia.

LIMA NILAI

Ada lima values yang ia bangun untuk menjadi panduan manajemen dan karyawan Indika Energy Group. Kelimanya adalah  integrity, achievement, unity in diversity, teamwork, dan social responsibility. “Kami membuat kultur agar perusahaan berjalan dalam koridor nilai-nilai tersebut,” tutur Wakil Ketua Kadin ini.

Pada 2016, Arsjad mengikuti program Executive Education – International Directors Programme 2016 di INSEAD di Singapura dan Fountainebleau, Prancis.

Pada 2014, Arsjad menyelesaikan program Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century di Jackson Institute for Global Affairs, Yale University, Amerika Serikat. Di tahun 2013 Arsjad menyelesaikan Executive Education on Impacting Investing di Said Business School, University of Oxford, Inggris.

Pada 2012, Arsjad menyelesaikan program Executive Education Global Leadership and Public Policy for the 21st Century di Harvard Kennedy School, Amerika Serikat, serta menyelesaikan program Insights Into Politics and Public Policy in Asia untuk Para Pemimpin Global di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Singapura.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.

Berita Lainnya