Headline Humaniora Lainnya

MUBI: Museum Sebagai Sumber Inspiratif



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Pada saat ini, kita hanya mengali museum sebagai tempat berkumpulnya benda-benda purbakala atau peniggalan dari peradaban terdahulu. Selain itu, museum juga hanya diingat sebagai tempat untuk berkujung yang murah dan meriah kelita hari libur menjelang.

Hari ini (16/10/2021), untuk memperingati Hari Museum Nasional, Museum Bank Indonesia (MUBI) menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Muesum, Sumber Insipari Seni dan Ekonomi Kreatif”.

Penyelenggaraan acara ini berujuan menyadarkan kembali masyarakat bahwa museum bisa menjadi sumber inspirasi serta pengembangan bisnis yang mengedepankan ekonomi kreatif. Oleh sebab itu, acara ini menggandeng atau mengajak pelaku seni, pelaku ekonomi kreatif dan komunitas untuk berkolaborasi dengan museum.

Musiana Yudhawasthi, selaku Ketua Komunitas Jelajah mengatakan bahwa museum memiliki nilai yang seni tinggi. Oleh karena itu museum bisa menjadi sumber insipari untuk mengembangkan kreasi seni dan ekonomi kreatif.

Akan hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno yang memberikan pindato kunci. Selian itu juga, membahas bagaimana museum dapat dijadikan sebagai destinasi wisata yang inspiratif untuk pengembangan ekonomi kreatif di masa mendatang

Maka dari itu, acara ini menggandeng para pelaku seni, dari seni lukis, sastra, film maupun fesyen. Adapun dalam acara tersebut, menghadirkan Yudhistira ANM Massardi selaku sastrawan, Samuel Wattimena yang merupakan desainer. Selain itu, juga hadir Hendri Jo sebagai penggiat film, Nano Warsono selaku dosen Institut Seni (ISI) Yogyakarta.

Tak hanya itu, turut hadir pula artis kenamaan Indonesia Olivia Zalianty yang merupakan suara dari generasi milenial dan Yahya Andi Saputra selaku Budayawan Betawi.

Acara berlangsung pada Sabtu, 16 Oktober 2021, pukul 08.30-12.00 WIB melalui ruang daring ZOOM dan disiarkan secara langsung melalui kana Youtube Museum Bank Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya