Headline INFRASTRUKTUR Jalan

Yuk Coba Travoy 3.0, Asisten Digital di Jalan Tol



single-image

 

INDOWORK.ID, JAKARTA:  PT Jasa Marga (Persero) Tb​k sebagai operator jalan tol pertama dan terbesar di Indonesia terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan. Dalam rangkaian HUT Ke-43 Jasa Marga pa​da 1 Maret 2021 lalu, Jasa Marga meluncurkan aplikasi Travoy (Travel With Comfort and Joy) 3.0  sebagai asisten digital yang dapat membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Operation & Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita menjelaskan bahwa Travoy 3.0 merupakan pengembangan dari aplikasi Travoy yang sebelumnya diluncurkan sejak tahun 2019.

Travoy 3.0 ​​bertransformasi​​ dengan penambahan fitur-fitur baru untuk menjawab kebutuhan pengguna jalan, seperti fitur layanan Panic Shake yang dapat digunakan ketika membutuhkan bantuan darurat dari petugas operasional jalan tol. Selain itu, memesan derek juga jauh lebih mudah karena terdapat fitur Derek Online. “Pemesanan derek hingga pemantauan progres laporan dan lokasi derek secara real time di aplikasi yang saat ini masih terbatas untuk digunakan di wilayah Jabotabek,” ujar Atika dalam konferensi press PT Jasa Marga (Persero) Tbk (04/03/2021).

Dengan Travoy 3.0, pengguna jalan juga dapat memantau situasi terkini lalu lintas dari CCTV yang ada di Jalan Tol Jasa Marga Group hingga menghitung kalkulasi tarif tol yang perlu dibayarkan oleh pengguna jalan selama perjalanan agar dapat mengantisipasi jumlah saldo yang harus diisi di dalam uang elektronik.

Selain itu, terdapat fitur Laporan Anda untuk menampung semua kritik dan masukan dari pengguna jalan yang pastinya akan membuat Jasa Marga terus meningkatkan pelayanan secara berkelanjutan. “Travoy 3.0 juga dilengkapi dengan fitur Travnews dan fitur Yuk Mampir yang berisi berita terkini mengenai jalan tol serta lokasi rest area hingga rekomendasi wisata hingga kuliner pada destinasi pengguna jalan,” tambah Atika.

Saat ini Travoy 3.0 sudah dapat diunduh melalui Apps Store untuk pengguna iOS dan Google Play Store untuk pengguna Android. Berikut adalah beberapa fitur yang ada di dalam Aplikasi Travoy 3.0:

1. Tarif Tol. Fitur yang menyediakan informasi Tarif Tol sesuai dengan golongan kendaraan pengguna jalan.

2. Travnews. Fitur yang berisi berita terkini tentang jalan tol, dan informasi terkait lainnya.

3. Rest Area. Fitur yang menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi, fasilitas, tenant, hingga kapasitas parkir.

4. SPBU. Fitur yang menyediakan informasi seputar SPBU terdekat.

5. Yuk Mampir. Fitur yang menyediakan informasi kuliner dan destinasi wisata terdekat disekitar jalan tol beserta rute perjalanan yang akan ditempuh.

6. Call Center. Fitur yang menyediakan informasi Call Center Jasa Marga 14080 sehingga pengguna jalan bisa dapat langsung menghubungi Call Center, jika membutuhkan bantuan dan informasi

7. Derek Online. Fitur yang menyediakan jasa kendaraan derek di jalan tol secara praktis dan real time.

8. Panic Shake. Fitur untuk memanggil bantuan ketika pengguna jalan tol dalam keadaan bahaya, hanya dengan menggoyangkan/mengocokan gadget yang dimiliki.

9. Laporan Anda. Fitur untuk menampung berbagai masukan dari pengguna jalan.

10. Maps & CCTV. Fitur untuk memantau keadaan jalan tol melalui aplikasi Maps dan CCTV secara real time.

11. Travpost. Fitur untuk berbagi informasi kejadian maupun insiden dijalan tol yang dapat diunggah oleh pengguna jalan.

Jasa Marga meluncurkan Travoy 1.0 pertama kali pada Mei 2019 untuk sistem operasi Android. Setelah melalui tahapan pengembangan lebih lanjut, peluncuran Travoy 2.0 dengan fitur dan tampilan terbaru pada Februari 2020. Pengembangan kembali dilakukan pada Maret 2020. Travoy 2.0 memiliki beberapa fitur baru seperti Geofencing Marketing, E- Toll history dan Incident Reporting System serta fitur Take n Go. Masih di tahun yang sama, Jasa Marga memulai untuk mengintegrasikan Travoy dengan aplikasi JMCARe milik Jasa Marga sehingga menjadi Aplikasi Travoy 3.0 yang berkembang saa​​​t ini.

 

Berita Lainnya