Headline Oase

Naik Bus tapi Aman dari Corona, Ini 3 Pilihannya



single-image
Tampilan luar sleeper bus Sinar Jaya. Foto diambil dari unggahan kaun facebook Deddy Rachman di grup Sinar Jaya Mania.

INDOWORK, JAKARTA: Memilih bus yang menerapkan konsep physical distancing tidaklah mudah. Namun, Anda kini punya tiga alternatif untuk naik bus yang aman dari penularan Corona atau Covid-19. Berikut alternatifnya.

Menjaga jarak atau physical distancing menjadi perjuangan tidak mudah bagi penumpang bus jarak jauh atau AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), karena sebagian besar mereka berformat kursi 2-2.

Namun, Anda kini punya tiga pilihan bus AKAP yang menerapkan konsep physical distancing, yaitu bus 1-1-1, bus berkursi 2-1, dan sleeper bus.

Bus Kursi 1-1-1

Bus berkonsep tempat duduk 1-1-1 memungkinkan penumpang saling menjaga jarak, karena satu kursi untuk satu penumpang. Kursi disusun berjejer 3 dengan masing-masing dipisah celah untuk jalan kaki.

Bus dengan kuri 1-1-1 tersebut saat ini telah dioperasikan oleh perusahaan otobus atau PO Sumber Alam dari Purworejo Jawa Tengah. Simak ulasan selengkpanya DI SINI.

Prototipe bus kelas 1-1-1 ini juga bisa disimak dari akun youtube Laksanabus di bawah ini.

https://youtu.be/Qaq4kINB1I0

 

Bus Kursi 2-1

Beberapa PO juga telah menerapkan format kursi 3 deret, namun konsepnya adalah 2-1. Artinya kursi di sebelah kanan berformat 2-2, sedangkan kursi di sebelah kiri berformat kursi tunggal.

Jika bepergian sendiri naik bus berkursi 2-1 tersebut, tentu saja pilihannya adalah dengan kursi tunggal di sebelah kiri.

Setidaknya ada 5 PO yang mengoperasikan bus dengan kursi 2-1, yaitu Rosalia Indah, Safari Dharma Raya, Pahala Kencana, Damri, dan Rejeki Baru.

P.O Rosalia Indah yang bermarkas di Solo Jawa Tengah menamai bus berformat kursi 2-1 tersebut dengan kelas Super Top SHD. Selain di bus lantai tunggal, Kelas 2-1 ini ada juga di bus tingkat atau double decker di lantai bawah.

Simak penampilannya dari pengalaman seorang penumpang yang memiliki akun Youtube Andriawan Pratikto berikut ini.

Bus berkursi 2-1 Safari Dharma Raya melayani rute Jogja-Jakarta PP. Simak tampilannya dari youtube Dekbus berikut ini.

Sementara itu Pahala Kencana memanjakan penumpangnya dengan kursi 2-1 untuk jurusan Jakarta Madura. Simak pengalaman tripnya dari akun Youtube Ahmad Wildani berikut ini.

Bus berkursi 2-1 ala perusahaan pelat merah Damri dinamai Royal Class dengan rute Surabaya-Jakarta pp. Bagaimana kondisi interior bus Damri Royal Class tersebut, simak video Ahmad Wildani berikut ini.

Ada pun layanan bus 2-1 Rejeki Baru mengambil rute Jogja-Jakarta pp. Borkonsep layanan travel, bus Rejeki Baru tidak menyinggahi terminal bus.

Para penumpang harus berkumpul di agen resminya. Berikut pengalaman perjalanan dari seorang penumpang Rejeki Baru yang memiliki akun Youtube Nugroho Febianto.

 

Sleeper Bus

Bus model ini telah dioperasikan beberapa PO seperti Handoyo, Sinar Jaya, Harapan Jaya, dan Rosalia Indah.

Ada dua konsep sleeper bus yang saat ini mengaspal, yaitu full sleeper bus dan campuran.

Handoyo dan Sinar Jaya menerapkan konsep full sleeper bus dan secara kebetulan nama kelas busnya sama, yaitu suite class . Format kursinya adalah model selonjoran sehingga, tempat duduk bisa diseting dua susun. Jadi, penumpang di bawah pada dasarnya duduk selonjoran di lantai bus.

Selain membuat kursi dua susun, kaca samping bus juga didesain lebih lebar, sehingga penumpang di bawah masih bisa menikmatia pemandangan.

Handoyo melayani sleeper bus untuk rute Jogja-Jakarta pp. Simak pengalamannya dari penumpang berakun Youtube PHBC Channel berikut ini.

Sementara itu Sinar Jayan melayani rute Jakarta-Surabaya, Jakarta-Solo, dan Jakarta-Jogja pp untuk armada sleeper bus-nya.

Simak pengalaman perjalan sleeper bus Sinar Jaya Jakarta-Jogja dari Youtube Wira Nurmansyah berikut ini.

Berbeda dengan bus full sleeper bus ala Sinar Jaya dan Handoyo, layanan Sleeper Bus ala Harapan Jaya diberikan di bus tingkat atau double decker di lantai bawah, sedangkan di lantai atas berformat kursi 2-2.

Simak pengalaman perjalanan dengan sleeper bus Harapan Jaya dari akun Youtube Andriawan Pratikto berikut ini.

Sama seperti Harapan Jaya, layanan sleeper bus Rosalia Indah juga dilekatkan pada bus double decker di lantai bawah sebanyak duan tempat tidur sedangkan di belakangnya adalah kursi berformat 2-1.

Simak pengalaman perjalanan dari Youtube Andrew Transportation Gallery berikut ini.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.

Berita Lainnya