INDOWORK.ID, JAKARTA: PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dalam laporan tahunan mencatatkan pendapatan senilai Rp147,3 triliun pada 2022, meningkat 2,9 persen year on year (yoy) dari pendapatan pada 2021 yang sebesar Rp143,2 triliun.
Pendapatan TLKM dikontribusikan oleh layanan data, internet, dan Information Technology (IT) service sebesar Rp82,1 triliun, naik 6 persen yoy dari sebesar Rp 77,47 triliun pada 2021.
Kemudian, pendapatan dari layanan IndiHome sebesar Rp28,02 triliun, naik 6,4 persen yoy dari Rp26,32 triliun pada 2021, pendapatan dari layanan SMS, fixed and cellular voice sebesar Rp17,89 triliun, atau turun 15,7 persen yoy dari Rp 21,22 triliun pada 2021.
Lalu, pendapatan dari layanan interkoneksi sebesar Rp 8,47 triliun, atau naik 8,8 persen yoy dari Rp 7,78 triliun pada 2021, serta dari jaringan dan layanan telekomunikasi sebesar Rp 10,81 triliun, atau naik 3,9 persen yoy dari Rp 10,4 triliun pada 2021.
LABA BESAR
Dengan pendapatan tersebut, emiten Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang telekomunikasi ini membukukan laba bersih senilai Rp20,75 triliun pada tahun 2022, meskipun turun 16,2 persen yoy dari sebelumnya Rp24,7 triliun pada tahun 2021.
Sementara, EBITDA perseroan tercatat sebesar Rp78,99 triliun, atau tumbuh 4,3 persen yoy dari sebelumnya Rp75,72 triliun pada tahun 2021, yang mana margin EBITDA naik 0,7 ppt menjadi 53,6 persen dari 52,9 persen
TLKM mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp34,2 triliun sepanjang 2022.
Pada bisnis fixed line, perseroan menggunakan capex untuk akses berbasis fiber dan pembangunan infrastruktur backbone bawah laut, serta proyek lainnya seperti menara telekomunikasi dan data center.
Telkom Indonesia mencatatkan liabilitas sebesar Rp125,9 triliun, sedangkan ekuitas tercatat sebesar Rp149,26 triliun hingga akhir tahun 2022.
Telkom Indonesia, the largest ICT and digital service provider in Indonesia, recorded a total income of Rp147,3 trillion in 2022.
The growth in revenue is a result of the company’s commitment to digital transformation and its dedication to upholding its goal of becoming the frontrunner in digital and digital-related services in the world.
Telkom Indonesia has been increasing its resources and investments in areas such as digital networks, cloud computing, data centers, and services related to the Fourth Industrial Revolution (4IR). Its efforts have enabled the company to gain market share in the local and global IT industry, allowing it to further solidify its position as a trusted and reliable ICT provider.
The achievement also shows that the company’s expansion and diversification strategies have been successful in expanding its portfolio and increasing its competitiveness. This success is also a testament to the company’s ability to manage and operationalize its resources effectively.
Additionally, the company’s commitment to digital transformation has attracted new businesses and customers, resulting in further growth and an increase in both its digital and non-digital services.
The success of Telkom Indonesia’s digital transformation strategy is expected to continue to drive the organization towards greater successes in the future, enabling it to remain as the largest ICT service provider in the region.
Telkom Indonesia is ready to leverage its position and continue to provide world-class services to its customers and help accelerate digital transformation across Indonesia and the wider Southeast Asian region.
Leave a reply
Your email address will not be published. Required fields are marked *