Bisnis Headline Produk

Whatsapp JuWAra Dorong Masyarakat Belanja di Pasar Melalui Chatbot



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: UKM Indonesia Gandeng WhatsApp meluncurkan direktori Pasar JuWAra, chatbot WhatsApp berbasis API. Ini mempermudah konsumen berbelanja langsung dari pedagang pasar tradisional terdekat melalui WhatsApp.

Program Pasar JuWAra dimulai sejak April lalu. Kini, 1.130 pedagang dari 66 pasar di 25 kota Indonesia menjalani pelatihan WhatsApp Business dan mulai berdagang via WhatsApp.

Dengan pandemi berakibat pada turunnya omzet pedagang pasar tradisional hingga hampir 40%. Pasar JuWAra memungkinkan mereka meningkatkan penjualan secara daring, ketimbang bergantung pada kedatangan pembeli ke pasar.

Gambaran Chatbot Pasar JuWAra

Untuk mencari vendor terdekat melalui chatbot, pelanggan hanya perlu menyimpan nomor 087775313357 atau klik tautan wa.me/6287775313357 di WhatsApp dan menyapa “hai”. Konsumen kemudian diminta memilih kategori produk dan membagikan lokasi, untuk dapat melihat daftar pedagang paling relevan serta nomor WhatsApp Business mereka.

Kementerian Koperasi dan UKM mengakui WhatsApp sebagai mitra strategis memberdayakan dan membantu UMKM go digital melalui program ini. WhatsApp juga berkomitmen akan terus mendukung upaya pemerintah mendigitalisasi UMKM di seluruh Indonesia.

“UMKM adalah tulang punggung perekonomian kita. Program ini menciptakan peluang berharga bagi pedagang-pedagang di pasar menjangkau jutaan pengguna WhatsApp di Indonesia,” ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Rabu (30/6/2021).

WHATSAPP GANDENG ARTIS DAN INFLUENCER

Sepanjang Mei 2021, WhatsApp bekerja sama dengan UKM Indonesia mendorong masyarakat berbelanja dari pedagang pasar tradisional melalui WhatsApp. Dan membantu perekonomian Indonesia. Fasilitator lokal melatih dan mendampingi para pedagang agar dapat menyiapkan akun WhatsApp Business mereka. Tidak hanya itu, WhatsApp terus memantau perkembangan para pedagang, di antaranya dengan melakukan survei secara reguler.

WhatsApp dan UKM Indonesia juga mengadakan pameran virtual di akun Instagram UKM Indonesia. Setiap pekan, laman tersebut menampilkan peserta terbaik dari Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Padang.

WhatsApp juga menggandeng Alyssa Soebandono, Sophie Navita, Sabria Kono, dan Febrii Hikaru – artis dan influencer dari empat kota tersebut. Mereka untuk menyuarakan ajakan berbelanja dari pasar-pasar tradisional melalui WhatsApp.

“Saya harap lebih banyak pelaku UMKM dapat turut memanfaatkan platform ini, dan kita semua bisa mendukung mereka sembari menjaga jarak dengan berbelanja melalui WhatsApp,” kata artis Alyssa Soebandono.

“Ke depan, kami berencana mendaftarkan lebih banyak pedagang ke chatbot tersebut untuk terus menghubungkan para pedagang dengan jutaan konsumen di Indonesia melalui WhatsApp. Kami harap semakin banyak masyarakat dapat menggunakan chatbot ini untuk berbelanja di kios pasar tradisional favorit mereka melalui WhatsApp,” terang Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, Esther Samboh. (yof)http://fintechnesia.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya