Headline INFRASTRUKTUR Jalan Manufaktur

Ini Dia Teknologi Hutama Karya Untuk Trans Sumatra



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Kesuksesan PT Hutama Karya (Persero) dalam membangun berbagai proyek infrastruktur tidak dapat dipisahkan dari kecangihan teknologi. Hutama Karya terus mengembangkan berbagai inovasi baru, terutama teknologi untuk Jalan Tol Trans Sumatra sepanjang 2765 km yang akan dibangun sampai 2024.

• Digital Survei, yaitu teknologi pengambilan data eksisting secara cepat dengan pemanfaatan teknologi fotogrametri, laser dan/atau LiDar yang menghasilkan data point cloud sebagai output.

• Infrastructure Asset, yaitu gambaran yang berisi informasi mengenai asset fisik infrastruktur

• Digital Twins, yaitu model virtual dari aset fisik yang berisi data real-time dari aset tersebut yang dapat dimanfaatkan mulai dari masa perencanaan, konstruksi hingga operasi dan pemeliharaan. Dengan informasi ini, kondisi aset dapat dengan cepat ditentukan.

• Digital Representatif, yaitu perwujudan keadaan nyata yang dideskripsikan dalam bentuk digital

• Determination of Road Alignment, yaitu kegiatan/proses untuk menentukan dianalisa dengan BIM

• Building Information Modeling (BIM) Modelling, yaitu penggunaan representasi Model Digital dari aset yang dibangun untuk memfasilitasi proses desain, konstruksi dan proses operasi atau pemeliharaan serta sebagai dasar yang dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan.

• Clash Analysis, yaitu proses untuk mengidentifikasi jika terjadi benturan antar dua atau lebih elemen model BIM yang saling menghalangi sehingga dapat dicari solusi sebelum proses pelaksanaan konstruksi.

• Sight Analysis, yaitu merupakan Analisa jarak pandang pengemudi dalam menikung, Analisa ini dilakukan atas aspek keselamatan dan kenyaman pengemudi, dilakukan pada fase desain.

• Elevation & Slope Analysis, yaitu analisa ketinggian dan kemiringan lereng pada kawasan sekitar jalan tol. Analisa ini dilakukan untuk merencanakan saluran drainase dan aliran air pada jalan tol (pada fase design)

• Traffic Simulation & Analysis, yaitu Analisa dan simulasi kendaraan yang masuk ke jalan tol. Analisa ini digunakan untuk menghitung kepadatan di jalan tol, menghitung waiting time di pintu tol (pada fase design)

• Fatigue Test & Driving Simulation, yaitu analisa kelelahan pengemudi dalam mengemudi di jalan tol. Analisa ini dilakukan untuk mengukur tingkat konsentrasi/kejenuhan mengemudi terhadap jalan yang di design.

• Toll Road Operation Control Center (TROCC), yaitu Sistem kontrol & monitoring terpadu terhadap pengoperasian jalan tol. Sistem ini dapat memantau pergerakan dan situasi di jalan tol secara real time, serta memberikan informasi jumlah kendaraan yang masuk & keluar, menampilkan dashboard seperti informasi jumlah kecelakaan, informasi jumlah harian kendaraan yang masuk dan transaksi harian jalan tol.

• Customer Satisfaction Feedback, yaitu hasil pengukuran yang menetukan tingkat kepuasan pelanggan dengan produk, layanan dan kemampuan perusahaan yang dapat membantu perusahaan menentukan cara terbaik untuk meningkatkan atau mengubah produk dan layanannya.

• Accident Monitoring, yaitu dashboard informasi monitoring kecelakaan yang terjadi pada jalan tol
secara harian, hal ini dilakukan untuk menganalisa penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan tol

• HK Integrated Traffic System, yaitu sistem yang terintegrasi dengan TROCC & aplikasi HK toll aps, sistem ini memberikan informasi keadaan operasional jalan tol, seperti informasi kepadatan lalu lintas

• Traffic Monitoring For Public Use, yaitu monitoring lalu lintas secara realtime melalui akses CCTV yang dapat diakses oleh masyarakat pengguna tol, hal ini akan memberikan gambaran pengguna tol kepadatan lalu lintas tol, ini merupakan aspek kenyamanan dan kepuasan pelanggan dalam menggunakan jalan tol tersebut.

Berita Lainnya