Humaniora Oase

Yaqut Cholil Qoumas: Saya Bangga Atas Komitmen Kebangsaan UNJ



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Halal bihalal virtual diadakan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Rabu (19/5) dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Acara silaturahmi bertajuk “Kokohkan Silaturahmi, Wujudkan UNJ Unggul dan Bereputasi” ini disambut oleh Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas secara virtual.

Yaqut Cholil Qoumas atas nama Kementerian Agama RI mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Ia mengatakan momen halal bihalal ini adalah tradisi penting dalam muslim dan bangsa Indonesia. Spirit dari halal bihalal adalah silaturahmi dan saling memaafkan.

“Spirit Idul Fitri dapat kita letakkan dalam konteks kebangsaan yang lebih luas. Idul Fitri adalah spirit menumbuhkembangkan nilai-nilai persatuan, kekeluargaan dan gotong royong,” ujar Menteri Agama RI tersebut.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa meskipun kita beragam, namun Idul Fitri adalah perekat dan pengingat agar setiap kita siap dan ikhlas untuk berada dalam barisan yang utuh.

Salah satu semangat Idul Fitri menurut H. Yaqut Cholil Qoumas adalah dengan menghadirkan pendidikan yang menitikberatkan pada semangat merawat harmoni dalam keragaman bangsa. Dalam hal ini, pendidik, akademisi, dan seluruh pihak terkait dalam pendidikan adalah elemen penting dalam tegaknya harmoni kebangsaan.

Ia berpesan bahwa mahasiswa sebagai masa depan bangsa mesti dibekali dengan pemahaman Islam yang rahmatan lil alamin dan wawasan kebangsaan yang komprehensif. Masa depan penuh tantangan, sehingga perlu menyiapkan kader-kader masa depan yang siap berkarya dan membawa perubahan.

“Universitas Negeri Jakarta adalah satu di antara kawah candradimuka  yang diharapkan mampu mencetak para calon pemimpin masa depan bangsa” tuturnya.

Sambutannya diakhiri dengan ungkapkan kebanggaannya atas peran yang diemban oleh UNJ karena telah kokoh dalam melaksanakan komitmen kebangsaan yang moderat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya