Humaniora INFRASTRUKTUR Lainnya

Kementerian PUPR Bangun Rusun di Jabar dengan Desain Kearifan Lokal



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun sejumlah rumah susun (rusun) di Provinsi Jawa Barat. Adapun desain rusun tersebut memiliki unsur kearifan lokal.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan langusng hal demikian. Ia menuturkan bahwa PUPR terus berupaya agar rusun memasukan desain yang mengandung unsur kearifan lokal daerah.

Ia mengatakan, misalnya saja rusun di Jabar yang menggunakan ornamen fasad mega mendung dan atap julang ngapak pada kanopi teras.

Sebagai contoh, ada rusun untuk eks gelandang dan pengemis di Bekasi Timur yang menggunakan ornamed fasad mega mendung. Rusun ini berlantai lima dengan kapasitas sebanyak 93 unit dengan tipe 24. Sementara untuk biayanya, membutuhkan sekitar Rp28,32 miliar.

Selain itu juga ada rusun untuk mahasiswa Universitas Djuanda dan STKIP NU Indramayu. Desain rusun juga memasukan unsur kearifal lokal. Rusun dengan ketinggian tiga lantai, memiliki kapasitas 43 unit hunian tipe 24.

Berita Lainnya