Headline Humaniora

Florawisata D’Castello Objek Wisata Baru Ciater Subang, Indahnya Bagai Negeri Dongeng



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Florawisata D’Castello dikenal sebagai tempat wisata baru di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Obyek wisata ini mengusung konsep taman bunga.

Kepala Tim Pemasaran Florawisata D’Castello, Guntara, seperti dikutip dari Kompas.com, mengatakan Florawisata D’Castello baru dibuka pada Desember 2021 lalu. Namun, tempat wisata yang memiliki bangunan kastel ini langsung mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Wisatawan yang datang tak hanya warga Subang, tetapi juga masyarakat sekitar Indramayu, Cirebon, Bekasi, Jakarta, Karawang, bahkan Lampung.

Jumlah kunjungan pada hari kerja mencapai 300-400 orang. Saat akhir pekan, jumlah pengunjung bisa tembus 2.000-4.000 orang.

“Animo masyarakat memang antusias luar biasa. Pertama, karena ini tempat baru, ditambah beberapa tahun ke belakang akibat pandemi orang-orang sudah lama di rumah, jadi ketika ada tempat wisata baru mereka antusias sekali,” tuturnya.

Ia mengatakan, keunikan Florawisata D’Castello yang membedakannya dengan taman wisata serupa adalah bangunan kastel. Memadukan arsitektur Turki dan Belanda, bangunan tersebut bak kastel di negeri dongeng.

Selain kastel, Florawisata D’Castello memiliki beberapa spot foto Instagramable lainnya, di antaranya patung Mickey Mouse ukuran besar, terasering yang ditumbuhi bunga berwarna-warni, dan bangunan berbentuk sangkar.

Florawisata D’Castello juga memiliki food court yang disediakan bagi pengunjung. Menunya cukup lengkap dari makanan ringan hingga santapan berat.

“Sekarang ini yang banyak dijadikan spot foto oleh pengunjung adalah jembatan tangan, panjangnya kurang lebih 100 meter itu menjadi ikon tersendiri bagi para pengunjung,” kata Guntara.

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Florawisata D’Castello wajib mengetahui harga tiket masuk dan jam operasional agar liburan lebih nyaman.

Tiket masuk ke tempat wisata ini mulai dari Rp 25.000 pada hari kerja, serta mulai dari Rp 30.000 saat akhir pekan dan libur nasional.

Guntara memastikan pengunjung tidak dipungut tarif lainnya ketika mendatangi semua spot foto di Florawisata D’Castello.

“Tidak ada fasilitas yang bayar lagi, jadi dengan harga tiket tersebut pengunjung sudah bisa menikmati semua fasilitas dan wahana yang sudah kami sediakan,” ujarnya.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Kapasitas taman bunga ini mencapai 20.000 orang karena berada di atas lahan yang luasnya mencapai 10 hektare.

Namun, Guntara mengatakan, jumlah pengunjung saat ini dibatasi hanya 25 persen dari total kapasitas, atau sekitar 5.000 orang guna mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Selain itu, pihak pengelola memberlakukan protokol kesehatan ketat, seperti cuci tangan, jaga jarak, dan memakai masker.

Pengunjung juga wajib memindai aplikasi PeduliLindungi dan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 sebelum memasukki kawasan Florawisata D’Castello.

“Mulai masuk pintu gerbang, kami sudah siapkan kurang lebih hampir 10 tempat cuci tangan. Begitu masuk ke loket ada pengecekan suhu badan, kartu vaksin, dan aplikasi PeduliLindungi oleh petugas keamanan,” terangnya.

Guntur mengatakan, lokasi Florawisata D’Castello cukup strategis karena berada di jalan provinsi yang menghubungkan Subang-Bandung. Tepatnya di Jalan Palasari Dua-Babakan Gunung, Nomor 16, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Taman bunga ini hanya berjarak 2,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar delapan menit dari Pemandian Air Panas Sari Ater, atau yang lebih dikenal dengan Pemandian Air Panas Ciater. Lokasinya masih berada di bawah kaki Gunung Tangkuban Perahu.

“Kami lokasinya dekat dengan Wisata Pemandian Air Panas Sari Ater, jadi masih di Kecamatan Ciater, Subang, kami memang di bawah kaki Gunung Tangkuban Perahu,” ujarnya.

Ia menyarankan wisatawan dari luar kota untuk melalui Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), lalu keluar melalui Gerbang Tol Subang.

Jarak dari Gerbang Tol Subang menuju Florawisata D’Castello sekitar 30 kilometer, dengan waktu tempuh kira-kira satu jam 30 menit.

“Keluar pintu tol Subang, masuk ke Subang langsung mengarah ke Kota Subang, nanti dari Kota Subang, ambil jalan ke arah Bandung,” katanya.

Apabila kamu telah menemukan Alun-alun Kota Subang, maka belok kanan menuju Jalan Letnan Jenderal (Letjen) S. Parman, kemudian belok kiri ke Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Tetap berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani hingga berlanjut di Jalan Raya Tanjungwangi, Jalan Raya Cijambe, Jalan Raya Simpang, Jalan Raya Tambakan, dan Jalan Rayak Cagak yang berada sejalur.

Jalan raya tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan Subang-Bandung.

Selanjutnya, sebelum perempatan Wisata Pemandian Air Panas Ciater, pengunjung bisa menemukan lokasi Florawisata D’Castello.

“Memang lokasinya di pinggir jalan raya jadi, dari jalan raya sebelum masuk ke perempatan Sari Ater (Wisata Pemandian Air Panas Ciater) lokasi kami sudah kelihatan bangunannya,” ujarnya.

 

 

 

 

  BERITA TERKAIT

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.

Berita Lainnya