Headline Industri Otomotif JELAJAH TRANS SUMATERA

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Langsa, Infrastruktur Jalan Tunjang Kegiatan Produksi



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Presiden Jokowi menekankan bahwa jalan nasional yang terhubung antarprovinsi akan menghubungkan sentra-sentra produksi yang ada di daerah. Diharapkan, rakyat bisa menikmati dampak positif infrastruktur itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Binjai-Langsa seksi 1 Binjai-Stabat sepanjang 11,8 Kilometer (Km). Ruas jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol Binjai-Langsa sepanjang 131 Km.

Dia menjelaskan, tol ini terhubung dengan sentra-sentra produksi, dengan kawasan pariwisata, terhubung dengan kawasan pertanian, dan terhubung dengan kawasan perkebunan. Sehingga diyakini bisa mengurangi biaya logistik hingga 75 persen.

Sebelum meresmikan ruas tol Binjai-Stabat Langsa, pada pagi hari Jokowi mengunjungi Kabupaten Karo yang merupakan sentra produksi jeruk. Menurutnya, infrastruktur jalan yang bagus dan mulus, akan mempengaruhi struktur biaya dalam harga komoditas, seperti jeruk.

Kita ini sering kalah produk kita dengan barang impor karena harga kita terlalu tinggi dan harganya terlalu tinggi itu, disebabkan oleh biaya logistik yang mahal, biaya transportasi yang mahal dan tadi kelihatan jeruk, begitu jalannya diperbaiki ongkos logistik transportasi turun berapa persen 75 persen,” kata Jokowi, Jumat (4/2).

Pembangunan jalan tol ini memang ditujukan untuk rakyat, agar rakyat di sana seperti petani, pekebun, hingga pelaku usaha pariwisata bisa menikmati infrastruktur jalan tol tersebut.

Selain kecepatan dalam konektivitas antar Kabupaten dan Antar Provinsi, jalan ini juga akan mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara. Misalnya kawasan wisata Bukit Lawang di Bahorok, kawasan wisata tangkahan, kawasan wisata rohani Tuan Guru di Tanjung Pura Langkat.

BACA JUGA: Progres Tol Binjai-Langsa, Hasil Kolaborasi HK-HKI

Menurut Jokowi, ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah, serta mengembangkan potensi-potensi yang dikelola oleh masyarakat lokal. “Saya yakin dengan kemajuan infrastruktur ini kita akan bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah,” ujarnya.

Jokowi berpesan, agar infrastruktur yang baik ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong usaha baru, meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya