Figur Headline INFRASTRUKTUR

Presiden Jokowi Resmikan Dua Destinasi Wisata di Labuan Bajo



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Presiden Joko Widodo telah meresmikan Puncak Waringin dan Goa Batu Cermin pada Jumat (14/10/2021). Peresmian dua destinasi tersebut merupakan spot pariwisata unggulan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo.

Adapun Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan yang mengerjakan kedua destinasi wisata tersebut di Labuan Bajo.

Pembangunan Puncak Waringin sendiri terlaksana pada Agustus 2019-Maret 2020 dengan total biaya mencapai Rp28,9 miliar. Proses pembangunannya meliputi pusat suvenir, rumah tenun, amphitheater, ruang terbuka hijau dan area parkir.

Sementara untuk pembangunan Goa Batu Cermin, proses pengerjaannya berjalan sejak Maret 2020-Maret 2021 dengan total anggaran mencapai Rp29,83 miliar.

Dalam penegerjaan pembangunan Goa Batu Cermin, PUPR melaksanakannya melalui skema Padat KaryaTunai (PKT) dengan melibatkan masyarakat setempat.

Adapun pembangunannya meliputi ampitheater dan rumah budaya guna mendukung kegiatan seni lokal. Selain itu juga membangun jalur menuju goa, kantor pengelola, loket, kafetaria, area parkir, auditorium, pusat infromasi, dan toilet.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meresmikan 8 ruas jalan di Labuan Bajo. Beberapa jalan tersebut, yakni Jalan Soekarno Hatta Atas, Soekarno Hatta Bawah, Simpang Pede, Alo Tanis dan Yohanes Sehadun.

Sedangkan untuk tiga lainnya, yaitu jalan Pariwisata Waecicu, Jalan Labuan Bajo-Terang-Pelabuhan Bari dan Akses Pelabuhan Peti Kemas Wae Kelambu.

Dengan telah selesainya pembangunan dan peresmian pada tiga kawasan. Jokowi mengetakan bahwa Labuan Bajo siap untuk menjadi lokasi pertemuan onferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 dan Asean Summit 2023.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya