Energi Headline INFRASTRUKTUR

PLN Percepat Empat Proyek Ketenagalistrikan di Sulawesi Tengah



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: PT PLN percepat pembangunan empat proyek ketenagalistikan di Sulawesi Tengah. Hal ini untuk meningkatkan keandalan listrik bagi pelanggan industrik, tekhusus di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Adapun empat proyek itu terdiri atas PLTU 3 berkapasitas 2×50 MW, SUUT 150kV Tawaeli – Talise, SUTT 150 kV Tawaeli – PLTU Palu 3, dan gardu induk 150kV Tawaeli berkapasitas 60 MVA.

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara Syamsul Huda mengatakan bahwa proyek SUTT 150kV Tawaeli – Talise tengah memasuki tahap recheck survey dan pembebasan lahan.

Sementara untuk progres proyek PLTU Palu 3 telah memasuki pekerjaan sipil. Dan untuk pembangunan gardu induk 150 kV Tawaeli sudah mencapai 60 persen.

Untuk saat ini, kelistrikan Palu masuk dalam interkoneksi sistem Sulawesi Bagian Selatan. Adapun sistem itu memiliki daya sebesar 1.953 MW dengan cadangan 594 MW.

Tak hanya itu, kelistrikan Palu juga mendapat suplai dari dua jalur SUTT melalui SUTT 150kV Poso – Sidera dan SUTT 150kV Mamuju – Topoyo.

“pelanggan tidak usah khawatir terhadap suplai listrik yang diperlukan karena setelah bencana tsunami 2018 lalu, beban puncak Kota Palu meningkat menjadi 150 MW yang sebelumnya 125 MW,” ucap Huda, Kamis (30/9/2021).

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya