Headline INFRASTRUKTUR Lainnya

Kementerian Perhubungan Resmikan Layanan Bus Trans Mamminasata di Makassar



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA:  Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah meresmikan Layanan Teman Bus Melalui Program Buy t=The Service (BTS) di Kota Makassar, Sabtu (13/11/2021).

Adapun layanan bus ini merupakan program BTS pertama Kemenhub di wilayah Indonesia Timur, tepatnya di Kota Makassar. Bus ini memiliki nama Trans Mamminasata.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa anggkutan massal perkotaan dengan skema BTS ini mulai sejak 2020. Adapun layanan kota-kotanya meliputi Medan, Yogyakarta, Solo, Denpasar dan Palembang.

“Kebijakan ini sebagaimana implementasi dari UU 22/2009 yaitu pemerintah hadir untuk menyiapkan angkutan massal perkotaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yakni menyediakan angkutan yang nyaman, murah, dan mudah diakses,” jelasnya.

Sementara itu, Trans Mamminasata akan menyediakan sekitar 81 unit bus yang melayani empat rute dengan 261 titik halte. Adapun untuk jam operasional angkutan dari pukul 06.00 sampai 23.00 WIT.

Sebagai rinciannya, keemapt rute itu terdiri atas Koridor 1 Terminal Mallengkeri – UNHAS sebanyak 21 unit bus, Koridor 2 Mall Panakkukang – Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 18 unit, Koridor 3 Kampung 2 PNUP – Kampus 2 PIP dengan 25 unit, dan Koridor 4 Pelabuhan Seokarno Hatta – UIN Samata dengan 17 unit.

Berita Lainnya