Bisnis Headline

Inilah 4 Indikator Tembaga Akan Naik Tajam



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Sedikitnya ada empat indikator yang membuat saya memperkirakan harga tembaga akan naik tajam.

Wirecast Pro Crack

Pertama, persediaan tembaga di LME terus menurun. Selama 2022, persediaan tembaga di LME termasuk yang stabil. Tapi memasuki 2023, inventory level menurun cepat. Dari 89 KT pada awal tahun menjadi kurang dari 82 KT pada 18 Januari lalu.

Kedua, China reopening akan meningkatkan permintaan yang besar terhadap tembaga.

Ketiga, Peru sebagai produsen konsentrat tembaga nomor 2 terbesar dunia – di bawah Chili di atas China – sedang mengalami gangguan demonstrasi dan kerusuhan sosial. Mengutip Blomberg.com, Las Bambas produsen terbesar ketiga di Peru sudah berhenti berproduksi sejak 3 Januari lalu 2023. Demikian juga dengan Glencore Plc’s Antapaccay, karena akses ke pelabuhan tertutup. Dua perusahaan itu memasok sekitar 2% kebutuhan konsentrat tembaga dunia.

Keempat, dalam jangka yang lebih panjang kebutuhan tembaga akan terus meningkat. Dalam program green energy – khususnya electric vehicles dan power storages – logam yang paling banyak dibutuhkan adalah tembaga.

BERITA BAGUS

Itu berita bagus bagi pemegang saham MDKA. Mungkin juga MEDC, dari kucuran Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

Itu karena Freeport Indonesia, produsen terbesar, belum go public. Itu karena AMNT, mungkin produsen peringkat kedua, juga belum go public. Itu karena tembaga milik BRMS masih tertidur nyenyak di bawah tanah Gorontalo

Konon ada rumor AMNT akan segera IPO. Berita bagus bagi pemburu rente di pasar perdana. Juga berita bagus bagi BRMS. Mayoritas saham kedua perusahaan itu – AMNT dan BRMS – dikepit konglomerat yang sama. Grup Salim.

Memudahkan BRMS mengelola lebih lanjut konsentrat yang dihasilkan dari Gorontalo. Dari kacamata kolaborasi, akan sama mudahnya – bahkan lebih mudah – dibandingkan proses pemurnian dore bullion dari Poboya, di ANTM dan Bumi Satu Inti.

*) Ditulis Oleh Hasan Zein Mahmud, Redaktur Khusus Indowork.id

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.

Berita Lainnya