Figur Manufaktur

WSBP Fokus Garap Pasar Eksternal



single-image

Indowork.id, JAKARTA – Dalam menjawab kebutuhan beton pracetak untuk pembangunan infrastruktur strategis, PT Waskita Beton Precast Tbk berdiri sebagai anak usaha dari PT Waskita Karya Tbk sejak 2014. Sejak 2017, Waskita Precast mulai menggarap pasar eksternal dengan sebanyak 25% dari total penjualannya. Bahkan, semakin hari porsi pasar eksternal kian naik, pada 2019 sudah mencapai 40%.

Direktur Pemasaran PT Waksita Beton Precast Tbk Agus Wantoro mengatakan pasar eksternal fokus kepada pihak pemerintah dan swasta (nasional dan asing). Sedangkan yang dimaksud pasar internal adalah proyek milih hlding usaha Waskita Karya. Fokus untuk pasar eksternal sudah masuk ke dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP), yang seterusnya menjadi Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).

“Pada 2021 internal dan eksternal dibuat masing-masing 50%,” jelas Agus. Dalam mengerjakan pasar internal jenis proyek masih didominasi oleh pengerjaan infrastruktur. Produknya yang nilainya paling besar adalah grider, tiang pancang, dan ready mix. Sedangkan pasar eksternal juga hampir sama dengan internal. Namun berbeda ada tambahan pada bangunan gedung. Ada juga proyek bendungan. Jenis produk yang banyak diserap adalah tiang pancang.

Agus memaparkan cara Waskita Precast membangun brand kepada customer dengan memenuhi syarat dari sisi delivery, kualitas, dan harga yang ditentukan dari pemilik proyek. “Jika dipenuhi, kontrak berikutnya mudah didapat,” lanjutnya. Sementara itu, untuk strategi promosi, Waskita Precast melakukan marketing gathering dengan mengundang para owner dan konsultan.

Waskita Precast melakukan positioning dengan memetakan pasar, yaitu mencari produk apa saja yang dibutuhkan oleh pasar dan mencari kapasitas yang tidak dimiliki lawan. Perlu diketahui, Waskita Precast memiliki 11 plant yang penyebarannya berada pada zonasi strategis. Sementara untuk beton pracetak, kuat pada sisi harga dan kualitas. Sedangkan untuk ready mix, Waskita Precast memiliki 80 batching plant yang bisa menjangkau proyek di mana pun.

Agus juga menceritakan Waskita Precast sedang mengikuti tender untuk pasar internasional yaitu di Filipina untuk proyek jalur kereta api dengan memasok bantalan rel.

Penulis : Hamzah Ichwal Ali

  BERITA TERKAIT

Berita Lainnya