Bisnis Figur Headline

Kuliner Bareng Wawali Jaksel Edi Sumantri, Dijamin Nggak Nyesel



INDOWORK.ID, JAKARTA: Wakil Walikota Jakarta Selatan Edi Sumantri memang suka wisata kuliner. Kali ini ia menyambangi RM Suhariasih di Jalan Lenteng Agung Timur, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Menu andalannya adalah sop ikan gurame.

Ahad, 9 Juni 2024, Edi bersilaturahmi ke rumah saya. Tentu saja saya sambut dengan gembira. Seperti biasa kami wisata kuliner. Kali ini kami memilih tempat makan siang di RM Suhariasih. Menu andalan restoran milik pengusaha asal Jawa Timur itu adalah sop gurame, gurame bakar, gurame goreng kering, dan gurame

Menu ayam juga banyak yang suka. Beberapa anggota DPR dan Direksi BUMN yang pernah saya ajak makan di restoran ini umumnya pulang membawa oleh-oleh. Ayam andalannya adalah ayam bakar bubu rujak dan ayam bakar bumbu kecap.

Mampir pas weekday lunch, tentu tidak terlalu ramai. Saya kerap memesan  iga bakar, toge cah plus ikan asin, tahu goreng, pepes ikan mas. Untuk iga bakarnya lumayan enak. Buat pepes ikannya hanya dipanaskan di microwave. Toge cahnya terlalu berminyak. Sambel kecapnya enak sekali.

Untuk tipe ayam bakar serta ayam gorengnya menggunakan ayam presto sehingga lebih empuk dan juga tulangnya lebih mudah dilepas.

HARGA TERJANGKAU

Untuk harganya tidak terlau mahal. Lihat saja daftarnya di sini:

1. Ayam goreng, ayam bakar Rp17.000/potong.

2. Tumis kangkung Rp 17.000.

3.tahu penyet Rp10.000.

Untuk ayam gorengnya disajikan dengan awuran sehingga cukup nikmat selain itu untuk ayam bakarnya juga lebih condong ke arah manis

Untuk kangkungnya menggunakan kekkian serta ditumis dengan cabai namun tidak pedas. Sedangkan tahu penyet potongan cukup besar dengan sambal sama yang digunakan pada ayam nya, untuk sambalnya sendiri tipikal sambal cobek dengan rasa yang tidak terlalu pedas.

PECAK GURAME HAJI NASUN

Edi Sumantri juga suka makanan dari RM Haji Nasun di kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Menu andalan restoran Betawi ini adalah pecak ikan gurame, masakan ikan gabus pucung, tahu, tempe, dan sop daging.

Kami makan di Kampung Muhammad Husni Thamrin di PBB Setu Babakan atas suguhan tuan rumah Rusmantoro, Pj. UPK benteng terakhir budaya Betawi tersebut.

Rusmantoro juga menyediakan sayur masak asem, lalapan, tahu, tempe dan sambal. “Wah, saya berkeringat makan di sini. Nikmat banget,” kata Edi.

NASI KEBULI

Ketika saya berkunjung ke rumahnya disuguhkan nasi kebuli dan nasi mandi. Isinya ada daging kambing dan ayam. Setelah sahlat maghrib berjamaah Edi memesan menu tersebut dan kami makan bersama.

Setelah menikmati lezatnya nasi kebuli, kami shalat isya berjamaah di lantai 3 rumahnya yang mewah.

MI AYAM

Saat berkunjung ke Kantor Walikota Jakarta Selatan, Edi menyuguhkan mi yamin. “Ini mi yamin paling enak di sekitaran kantor ini,” kata Edi berpomosi.

*) Ditulis oleh Lahyanto Nadie, redaktur khusus Indowork.id

Berita Lainnya