Bisnis Headline INFRASTRUKTUR

IKN Belum Diresmikan, Tapi Sudah Punya 3 Jalan Tol



single-image
Proses pengerjaan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Dok.Wika Beton)

Tiga seksi jalan tol penghubung Balikpapan dengan Ibu Kota Nusantara ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024. Jalan tol itu akan mempersingkat perjalanan dari Balikpapan menuju IKN menjadi kurang dari satu jam.

Pembangunan tiga seksi jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan, Kalimatan Timur, dengan Ibu Kota Nusantara terus dikebut. Ketiganya ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024 atau sebelum upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 yang direncanakan Presiden Joko Widodo bakal dilaksanakan di ibu kota baru.

Kementerian PUPR pun terus meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN yang salah satunya dengan mempercepat pembangunan jalan tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Tiga seksi jalan tol itu adalah Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km), Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km. Jalan tol tersebut bakal terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang saat ini sudah dioperasikan.

Saat ini, untuk progres pada Seksi 3A sebesar 12,33 persen, Seksi 3B sebesar 30,11 persen, dan Seksi 5A sebesar 37,39 persen. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung pada pertengahan tahun 2024, sekitar Juni atau Juli

Jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yakni dari yang sebelumnya sekitar dua jam menjadi hanya sekitar 30 menit.

Menurut Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Pembangunan IKN 2 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Armen Adekristi, pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini berjalan terdapat pada tiga seksi.

Seksi dimaksud yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km.

Berita Lainnya