Bisnis Headline

Bisnis Mobil Bekas Jelang Lebaran, Antisipasi Lonjakan Permintaan



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: Grup Triputra punya anak perusahaan untuk bisnis jual beli mobil bekas bernama PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC). Perusahaan ini menyiapkan strategi pengamanan stok mobil bekas untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang Lebaran tahun ini.

Presiden Direktur ASLC Jany Candra mengatakan, tren harga mobil bekas menjelang Lebaran biasanya akan naik seiring dengan meningkatnya permintaan. Tren kenaikan harga itu biasanya berlangsung sejak beberapa bulan sebelum Lebaran.

Sementara dari sisi permintaan, selain karena faktor Lebaran, meningkatnya permintaan mobil bekas juga didorong naiknya harga mobil baru. Sehingga, masyarakat beralih membeli mobil bekas.

“Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan dan harga menjelang Lebaran, kami sudah menyiapkan stok mobil,” kata Jany kepada wartawan.

Perusahaan yang bergerak di bisnis lelang dan penjualan retail mobil bekas ini (Caroline.id) mengaku, penjualan mobil bekas tumbuh seiring naiknya daya beli konsumen. Ini merupakan efek pertumbuhan ekonomi setelah masa pandemi Covid-19.

Jany menuturkan, kesadaran akan merek atau brand awareness terhadap Caroline id juga semakin meningkat berkat pembukaan showroom di berbagai lokasi yang strategis, promosi offline maupun online, dan program-program seperti 7G+.

Program 7G+ adalah inisiatif dari Caroline.id yang menawarkan jaminan tambahan bagi pembeli mobil bekas. Program ini mencakup pemeriksaan 150 poin, garansi mesin dan transmisi hingga tujuh tahun, layanan derek gratis, bengkel mitra yang tersebar luas, dan layanan darurat.

“Dengan program ini, pembeli mobil bekas dapat merasa lebih percaya dan aman dalam melakukan transaksi di Caroline.id,” ujar Jany.

Jany bilang, tahun 2024 ini Gabungan Industri Kendraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi adanya kenaikan volume penjualan mobil bekas sekitar 9,4% year on year (yoy).

Jany menambahkan, peningkatan penjualan mobil dipicu oleh beberapa faktor. Antara lain pertumbuhan ekonomi, pemulihan daya beli, peningkatan pembiayaan mobil, serta pesarnya pembangunan infrastruktur jalan.

Pada Desember 2023, ASLC membuka showroom mobil bekas baru di bawah merek Caroline id di Cimahi, Bandung. Dengan demikian, total diler Caroline id saat ini mencapai 10 showroom. Ekspansi ini sejalan dengan rencana merambah kota-kota lain setelah sebelumnya fokus di Jabodetabek.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal III-2023, pendapatan ASLC tercatat Rp 453,49 miliar, naik 47,14% dibandingkan kuartal III-2022 senilai Rp 308,20 miliar.

Berita Lainnya