Bisnis Headline INFRASTRUKTUR

Begini Struktur Kepemilikan Saham Setelah Pengalihan IPCM ke Pelindo



single-image

INDOWORK.ID, JAKARTA: PT Jasa Armada Indonesia Tbk atau IPCM resmi melakukan pengalihan hak atas saham PT Pelabuhan Indonesia (Persero) kepada PT Pelindo Jasa Maritim, Senin 3 Januari 2022.

Berdasarkan keterangan resmi melalui surat, bahwa terjadi pengalihan saham perseroan sebanyak 4.063.504.600 (empat miliar enam puluh tiga juta lima ratus empat ribu enam ratus) lembar saham yang mewakili 76,89 persen modal. Semula, modal tersebut milik Pelabuhan Indonesia dan kini beralih ke Pelindo Jasa Maritim.

IPCM mengatakan bahwa Pelindo merupakan anak perusahaan yang 99,9 persen sahamnya dimiliki oleh Pelabuhan Indonesia. Hal itu  menjadikan Pelabuhan Indonesia sebagai induk dan pengendali Pelindo Jasa Maritim.

Meskipun terjadi pengalihan saham, hal itu tidak berdampak pada pengendalian perseroan. Pelindo Indonesia memegang kendali karena secara tidak langsung memiliki mayoritas saham di Pelindo Jasa Maritim.

Saat ini, IPCM atau perusahaan juru parkir kapal (kata Hasan Zein Mahmud) bertengger di harga Rp296. Berikut ini struktur kepemilikan saham sebelum dan sesudah transaksi.

Sumber: ipcmarine.co.id

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Berita Lainnya